-->

Ceramah Singkat Berbakti kepada orang tua dalam islam

 Assalamu’alaikum warrahamatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT, marilah kita panjatkan puji serta syukur kita kepada Allah SWT sebab kita dapat berkumpul dalam kegiatan ini dalam keadaan sehat walafiat.
    Selanjutnya, marilah kita panjatkan selawat serta salam kepada Nabi kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Demikian pula kepada keluarganya dan para sahabatnya.
    Pada kesempatan kali ini, kita berkumpul bersama untuk membahas tentang cara berbakti kepada orang tua menurut ajaran agama Islam. Mengapa Islam mengajarkan kita untuk berbakti kepada orang tua?
    Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita.
    Orang tua adalah titipan Allah SWT kepada setiap anak baik itu ibu, ayah, kakek, nenek, maupun ibu susu.
    Pengorbanan orang tua agar kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sangatlah besar. Oleh sebab itu, berbakti kepada orang tua pun menjadi salah satu amal yang paling utama dalam ajaran Islam.
Mengutip dari NU Online, ada sebuah hadist yang artinya,
“Dari sahabat Abdullah bin Mas’ud ra, ia bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, apakah amal paling utama?’ ‘Shalat pada waktunya,’ jawab Rasul. Ia bertanya lagi, ‘Lalu apa?’ ‘Lalu berbakti kepada kedua orang tua,’ jawabnya. Ia lalu bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ ‘Jihad di jalan Allah,’ jawabnya,” (HR Bukhari dan Muslim).


MasyaAllah. Demikian pentingnya berbakti kepada orang tua dalam ajaran Islam. Lantas bagaimana cara untuk berbakti kepada kedua orang tua?
Berikut adalah dua belas cara berbakti kepada kedua orang tua yang mengutip dari buku Dahsyatnya Ridha Orang Tua karya Hamid (2018: 20).


  1. Memandang orang tua dengan penuh kasih sayang.
  2. Mendengarkan nasihat orang tua dengan baik.
  3. Bicara dengan orang tua secara sopan.
  4. Meringankan pekerjaan rutin orang tua.
  5. Menjaga nama baik orang tua di masyarakat.
  6. Menggantikan kewajiban orang tua berhaji.
  7. Menampung orang tua di rumah kita.
  8. Memberikan perhatian kepada orang tua.
  9. Bersedekah atas nama orang tua.
  10. Melaksanakan nazar dan membayar utang orang tua.
  11. Mendoakan orang tua.
  12. Melanjutkan hubungan baik orang tua dengan karib kerabat.
Wallahu a’lam bish-shawab. Semoga kita dapat menjadi umat Rasulullah SAW dan hamba Allah SWT yang dapat melakukan bakti kepada kedua orang tua. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Itulah contoh teks singkat tentang ceramah berbakti kepada orang tua menurut ajaran agama Islam. Kamu perlu memahami bahwa teks di atas adalah contoh ceramah singkat. Jadi, memungkinkan adanya kekurangan informasi.

Jadi, bila memiliki tugas untuk membuat teks ceramah berbakti kepada orang tua dalam Islam, kamu dapat melakukan konsultasi kepada guru agama Islam atau guru ngaji. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang lebih kaya serta tepat. Selamat membuat teks ceramah berbakti kepada orang tua. (AA)

0 Response to "Ceramah Singkat Berbakti kepada orang tua dalam islam"

Catat Ulasan

Sekretariat

RT 05 RW 29 Beran Kidul Desa Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta