-->

Ayat Al-Quran dan 10 Hadits Tentang Lailatul Qadar

 Pada bulan Ramadhan kita akan menemui malam yang sangat mulia yaitu malam Lailatul Qadar. Kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah sebanyak-banyaknya saat menemui malam ini. Banyak hadits dan ayat Al-Quran yang menjelaskan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Dikutip dari nublitar.or.id, Lailatul Qadar adalah suatu malam pada malam-malam bulan Ramadhan yang lebih baik dari seribu bulan. Orang-orang yang beribadah pada malam Lailatul Qadar itu pahalanya akan berlipat ganda sama dengan pahalanya orang yang beribadah selama seribu bulan.


Berikut ini hadits dan ayat Al-Quran tentang Lailatul Qadr.

Surat Al-Qadr Ayat 1-5

Surat Al-Qadr merupakan surat yang diturunkan untuk memaknai malam Lailatul Qadar, didalamnya dijelaskan mengenai malam mulia yang lebih baik dari seribu bulan dan diturunkannya para malaikat atas izin Allah SWT.



1. Hadits Riwayat Ahmad

Dalam Hadits Riwayat Ahmad dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mengabarkan jika malam Lailatul Qadar jatuh di malam puluhan ganjil akhir bulan Ramadhan yaitu 21, 23, 25, 27, 29, atau di akhir malam Ramadhan.


Rasulullah SAW mengabarkan kepada kami tentang Lailatul Qadar, beliau bersabda: dia (Lailatul Qadar) di bulan Ramadhan di puluhan yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadhan. Barang siapa mengerjakan bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang. (HR. Ahmad)


2. Hadits Riwayat Bukhori

Dalam Hadits Riwayat Bukhori juga mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan jika kita ingin mencari malam Lailatul Qadar maka bisa mencarinya pada witir sepuluh terakhir bulan Ramadhan.

Artinya: Carilah olehmu sekalian lailatul qodar itu pada witir sepuluh terakhir di bulan Ramadhan (HR. Bukhori)


3. Hadits Riwayat Ahmad dengan Sanad yang Shahih

Pada Hadits Riwayat Ahmad dengan sanad yang Shahih juga diriwayatkan bahwa Rasulullah mengatakan apabila ingin mengintai malam Lailatul Qadar maka mengintailah pada malam dua puluh tujuh.

Artinya: Dari Ibnu 'Umar: Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang ingin mengintai malam Lailatul Qadar hendaklah ia mengintai pada malam dua puluh tujuh (HR. Ahmad dengan sanad yang Shahih)

4. Hadits Riwayat Tirmidzi

Pada Hadits Riwayat Tirmidzi disebutkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan jika kita menemui malam Lailatul Qadar hendaknya kita berdoa.



Dari 'Aisyah katanya: "Saya bertanya kepada Rasulullh SAW: Bagaimana jika saya dapat mengetahui malam Qadar itu, apakah yang baik saya katakan pada malam itu ? Jawab beliau: Katakanlah olehmu: " Ya Allah sesungguhnya Engkau pengampun, suka mengampuni kesalahan, maka ampunilah kiranya kesalahanku." HR. Tirmidzi.


selengkapnya bisa kunjungi detik.com 

0 Response to "Ayat Al-Quran dan 10 Hadits Tentang Lailatul Qadar"

Catat Ulasan

Sekretariat

RT 05 RW 29 Beran Kidul Desa Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta