-->

Sehat selama romadhon

Semangat pagi bunda bunda Sholihah 
Hari ini bundami mau berbagi insight kuzoom kemarin dengan tema "Sehat Selama Ramadhan" dengan pemateri dokter cantik Ananda Putri Imsez dari Sukoharjo.

Sedikit yang bundami petik kurang lebihnya seperti ini. Ada beberapa hal  yang di perhatikan Sehat Selama ramadhan : 

1. Pentingnya sahur
Makan yang tinggi serat seperti buah dan sayur , hindari makanan yang tinggi minyak. karena beresiko menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

2. Pola makan saat berbuka
Dimulai dengan mengkonsumsi segelas air putih hangat dan sedikit makanan/minuman manis.Dianjurkan kurma karena kaya akan kandungan energi dan serat.

30 menit setelah berbuka baru kemudian menyantap makanan utama bernutrisi lengkap dan berkarbohidrat komplek dengan porsi yang secukupnya tidak berlebihan.

Jangan lupa juga mengkonsumsi buah dan minum air putih yang banyak. Setelah pulang tarawih bisa mengkonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan.

Kalau nyemil es buah boleh gak ya? Wkwkkw  boleh sih asal gak berlebihan

3. Pola makan malam
Sebaiknya ada jeda paling tidak selama 3 jam antara waktu buka puasa dan waktu untuk tidur. dan tidak lebih dari jam 8 malam. kalau kita makan terlalu dekat dengan waktu tidur adalah tidur tidak nyenyak, perut terasa penuh, asam lambung naik, gula darah meningkat secara drastis.

4. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik yang dilakukan adalah aktivitas fisik yang tidak terlalu berat. Pilih jenis olahraga yang tepat seperti jalan santai, bersepeda, jongging, yoga. Kalau gak kuat jangan di paksa ya makk

5. Pola tidur
Selama bulan ramadhan, hindari tidur terlalu malam. Idealnya kebutuhan tidur 6-8 jam. Dengan kualitas tidur baik.

Supaya tidak dehidrasi kebutuhan air juga harus di cukupi, kemarin dokput menjelaskan bahwa kebutuhan air sesuai Berat badan , coba lihat tabel di bawah Bun , berapa liter air minum dalam sehari sesuai Bb ?

Alhamdulillah dapat sertifikat juga nih kulzoomnya , barakallah dokter putri ilmunya.

#KPP6
#PerempuanPembelajar
#Membangunreputasidifacebook
#ruangekstensi

0 Response to "Sehat selama romadhon"

Catat Ulasan

Sekretariat

RT 05 RW 29 Beran Kidul Desa Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta