-->

Keutamaan dan amalan sunnah Hari jumat

Keutamaan dan amalan sunnah Hari jumat

*Keutamaan Hari Jumat*
*1. Hari Jumat sebagai Hari Terbaik dan bersejarah.*
Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: _"Hari terbaik terbitnya matahari adalah pada hari jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu pula dimasukkan ke dalam surga dan pada hari itu tersebut dia dikeluarkan dari surga”_ (HR. Muslim)

*2. Hari Jumat sebagai Hari Raya bagi kaum Muslimin*
Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda : _"Sesungguhnya hari ini adalah hari raya, Allah menjadikannya istimewa bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang akan mendatangi shalat jum’at maka hendaklah dia mandi”._ (HR IbnuMajah).

*3. Hari yang dipenuhi dengan doa yang mustajabah*
Diriwayatkan oleh Muslim di dalam kitab shahihnya dari Abi Hurairah ra bahwa
Nabi Muhammad saw bersabda: _"Sesungguhnya pada hari jum’at terdapat satu saat tidaklah seorang muslim mendapatkannya dan dia dalam keadaan berdiri shalat dia meminta kepada Allah suatu kebaikan kecuali Allah memberikannya, dan dia menunjukkan dengan tangannya bahwa saat tersebut sangat sedikit._ ( HR. Muslim dan Al-Bukhari)

*4. Hari diampuni dosa-dosa kecil kaum muslimin*
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda : _"Sholat lima waktu, dari Jumat ke Jumat, dan Ramadhon ke Ramadhon, adalah penghapus dosa antara satu dan lainnya selama dijauhi dosa-dosa besar."_ (HR Muslim dan lainnya)

*Amalan sunnah hari Jumat*
*1. Mandi, Memakai wangi-wangian dan Pakaian yang Terbaik*
Rasulullah SAW bersabda : _"Siapa yang mandi pada hari jum'at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum'at dan disana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudian ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum'at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum'at itu dan jum'at sebelumnya"._ (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

*2. Memotong Kuku dan Mencukur Kumis*
_"Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jum'at sebelum beliau pergi sholat jum'at."_ (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

*3. Membaca Surat Al-Kahfi*
Dari Abu saied bahwa Nabi bersabda: _“Barangsiapa membaca surat al-kahfi pada hari jum’at, maka cahaya akan menyinarinya diantara dua jum’at”._ (H.R al- hakim. hadits shahih).

*4. Memperbanyak Sholawat Atas Nabi*
_“ Maka perbanyaklah (sholawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku”._ (H.R Abu Daud).

*5. Bersegera Menuju Masjid*
Dari Abu hurairoh berkata: Rosululloh saw telah bersabda: _“Pada hari jum’at disetiap pintu mesjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir sholat jum’at sesuai dengan kualitas kedudukannya, Apabila imam datang/ naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu meraka bersiap-siap mendengarkan khutbah, perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur.”_ (H.R Bukhori dan Muslim)

*6. Beritikaf dan memperbanyak Sholat* Sunnah sebelum Khotib naik mimbar
Abu Hurairah ra menuturkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, _“Barangsiapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari.”_ [HR. Muslim]

Dipost ulang oleh @teladanrasultelegram

0 Response to "Keutamaan dan amalan sunnah Hari jumat"

Catat Ulasan

Sekretariat

RT 05 RW 29 Beran Kidul Desa Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta